.

.

Wednesday, March 18, 2015

Please stop. Just stop.


Itu adalah sebagian kecil dari omongan yang sering kita dengar atau bahkan dilontarkan ke orang lain. right?

Dear people with heart, I believe gue dan kalian semua menjalani kehidupan yang sama. sama2 bernafas di bumi ini, sama2 punya keluarga, sama2 punya cita2, tujuan dan keinginan dalam hidup. cuma bedanya, nasib dan takdir yang membuat kita berbeda. ada yang rezekinya berlebih tapi merasa kesepian karena belum juga bertemu jodohnya, ada yang keluarganya harmonis tapi kondisi ekonominya pas2an, ada yang ketika menikah langsung diberikan amanah sama Allah SWT berupa keturunan, dll.

Well then, soal keturunan itu yang akan gue bahas saat ini. karena basically, gue pernah merasakan betapa tertekannya mendengar pertanyaan orang2; apakah gue sudah hamil, kenapa gue belum isi, kapan punya anak, bahkan di usia 2 minggu pernikahan gue! God! was that mouth even serious? Akhirnya sampai pada titik gue ngga tahan karena cape untuk jawab pertanyaan semacam itu. moreover, kapan hamil dan punya keturunan hanya Allah yang tau dan memutuskan kan? jadi kayak bingung juga harus jawab apalagi selalin "doain ya."

I mean, come on. apa sih untungnya nanya orang lain dengan pertanyaan seperti itu? ngebantu ngga, bikin tambah pikiran iya. ngga sedikit loh di luar sana yang nikah sampe tahunan tapi belum punya keturunan. padahal suami istri ini udah pernah cek dan semuanya baik2 aja. berarti kan tinggal tunggu keputusan Allah SWT kapan si anak bayi dihadirkan di rahim sang istri selama 9 bulan 10 hari.

Apalagi, kalo ternyata salah satu atau keduanya ada masalah kesehatan. kemudian selalu ditanya2 kapan hamil, udah isi apa belum. itu cuma akan nambah beban pikiran dan memberikan dampak kesedihan yang lebih banyak lagi untuk pasangan tersebut, terutama si istri ya yang notabene seorang perempuan, lebih sensitif. jangan sampe pertanyaan2 yang kita lontarkan ke orang lain malah bikin orang tersebut jadi berambisi atas sesuatu. please don't.

This is not right. totally wrong. gue pribadi, bahkan sejak sebelum nikah ngga pernah nanya2 hal yang personal semacam itu. karena gue merasa ngga ada manfaatnya juga untuk gue. kecuali orang tersebut cerita duluan bahwa dia belum bisa hamil dan berharap keturunan. baru deh akan gue ajak sharing. please make a difference between "kepo" and "sharing". kepo itu cuma usil. kalo sharing artinya berbagi ilmu dan pengetahuan yang kita tau. syukur2 bisa bawa manfaat untuk dia.

Tapi back again, sepertinya itu emang sudah mengalir di darah pada sebagian besar manusia. mulai dari kapan lulus kuliah? eh udah lulus kok belum kerja? wah udah kerja cukup lama berarti udah sukses nih, cepetan lah nikah nunggu apa lagi! *setelah nikah* OMG, dekornya ngga banget ya. terus make up ceweknya menor banget. makanannya juga biasa aja. *beberapa bulan nikah" udah isi belum? kok belum hamil? ayo dong cepet punya anak! daaaaaan seterusnya.

Sampe gue punya list  never ending question as follows:

1. Kuliah: kapan lulus? cepetan lah kerja biar punya penghasilan sendiri. (mikir ngga, siapa tau dia belum bisa selesain kuliahnya kerena terhambat masalah biaya?)

2. Kerja: udah kerja lama, udah mapan dong. buruan laah nikah. nunggu apalagi? (nunggu apalagi? ya nunggu restu dari orang tua. nunggu kedua belah pihak keluarga saling kenal. emang nikah cuma berdua aja?)

3. Nikah: udah isi belum? kapan hamil? ayo lah cepet bikin, seneng tau punya anak kecil. (excuse me? emang ada ya dua pasangan menikah tapi ngga mau punya anak? paling ada juga nunda karena emang mau pacaran halal dulu. sampe sekarang gue masih belum bisa nangkep, jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu apa ya?)

4. Hamil: ih kok perutnya kecil banget sih kayak ngga hamil? eh jangan kurus2 nanti anaknya juga kurus loh. aduh kamu kegemukan, kasian bayinya. (zZzz.. no comment)

5. Melahirkan: loh kok cesar kenapa ngga normal? si bayi jangan dikasih sufor lah, kamu kurang berjuang untuk kasih asi nya nih. (dduh? ngelahirin cesar juga pake nyawa. perut disayat2. terus soal asi atau sufor, yaudah sih.. emang dia minta duit ke orang lain untuk beli sufornya?)

6. Anak pertama gede: mana adeknya? (and the questions coming back again).

Last but not least, kalo kita sudah merasakan posisi itu, atau sedang berada di posisi itu, apa masih mau bertanya ke orang lain dengan pertanyaan yang sama?



5 comments:

  1. Setuju mba.. Pertanyaan yang sering ditanyain sm org2 kepo gak bakal ada habisnya.. Ngapain dengerin omongan orang, emangnya kita hidup dari omongan mereka? Emang kalo kita susah, mereka mau peduli? Gak kan!! Mereka cuma liat apa yang tampak sm mereka tp mereka ga bs rasain apa yg lg kita rasakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu.. aku sendiri merasakan kemarin semakin sering ditanya, semakin besar keinginan untuk hamil. takut banget malah hamil jadi ambisi ngga jelas. heheh.. terkadang kita nya santai, tapi karena ditanya terus2an jadinya malah kepikiran. apalagi kalo udah mulai dijadiin jokes semacam "ah ngga jago nih, bla bla." I will be like, "dude, are you even a human?"

      Delete
    2. Maka nyaa, sekarang kalo ada yg tanya kaya gitu cukup aku senyumin, kalo disautin malah jd panjang. Dan skrg udah aku ga terlalu pikirin mba klo ada orang yg ky gtu, bawa enjoy ajaah..hahaaha

      Delete
  2. Izin share ya mba untuk list never ending question nya...

    ReplyDelete

Leave your comment here ;)