.

.

Tuesday, January 28, 2014

Detail acara lamaran

Berhubung ada beberapa teman yang nanya, "gimana sih acara lamaran itu? ngapain aja?" so.. ini gw ceritain secara detail acara lamaran yang gw lakukan pada waktu itu, dan ini memang kebiasaan yang dilakukan oleh keluarga besar gw setiap acara lamaran salah satu anggota keluarga. sebenernya ngga harus ada juga siih ada susunan acara atau teks kayak gini, karena sebenernya kan acara lamaran itu untuk silaturahmi antara kedua keluarga besar yang mau lebih mengenal satu sama lain. ada yang mau formal, ada yang mau santai tanpa berdasarkan teks. tapi keluarga besar gw termasuk yang segala sesuatunya harus diatur secara rinci, bahkan sampe ditentukan seragam untuk pihak keluarga gw, yaitu para pria pake batik & wanita pake kebaya encim. so here's the detail, for you who needs to know:

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
SUSUNAN ACARA
[11.00] CPP & keluarga besar tiba di kediaman CPW. Orang tua CPW berdiri di depan menyambut kedatangan
[11.05] Orang tua CPW mempersilahkan masuk para tamu, yang diantarkan oleh pendamping dari pihak keluarga CPW untuk menempati kursi yang telah disediakan
[11.15] MC membuka acara
[11.20] Sambutan dari wakil dari keluarga besar CPW, Sekaligus menanyakan maksud dan tujuan kedatangan CPP dan keluarga besar
[11.30] Jawaban / kata sambutan dari wakil keluarga besar CPP
[11.40] Dialog penerimaan lamaran oleh wakil keluarga CPW, serta menanyakan langsung kepada CPP atas keyakinannya untuk melamar CPW
[11.45] CPP memberikan jawaban atas niatnya untuk melamar CPW
[11.50] wakil dari keluarga CPW mempersilahkan ayah dari CPW untuk menjawab langsung lamaran dari CPP untuk CPW
---------- Break adzan dzuhur ----------
[12.00] Sambutan dari ayah CPW dilanjutkan dengan memanggil CPW untuk keluar dari kamar
[12.05] CPW memasuki ruangan dibimbing oleh 2 pendamping
[12.10] Ayah CPW menanyakan kepada CPW apakah CPW bersedia dilamar oleh CPP
[12.15] CPW  memberikan jawaban (penerimaan lamaran)
[12.20] Jawaban lamaran dari ayah CPW kepada CPP & keluarga besar (pemasangan cincin)
[12.25] Pengumuman tanggal pernikahan oleh wakil dari keluarga besar CPW
[12.30] Pembacaan doa & ungkapan rasa syukur
[12.45] MC mempersilahkan untuk memperkenalkan keluarga masing – masing
[14.00] Penutup acara lamaran oleh wakil dari keluarga besar CPW
[14.15] Ramah tamah (sholat dzuhur & makan siang)
[14.30] Keluarga besar CPP meninggalkan kediaman CPW. Ibu CPW memberikan bingkisan kepada ibu CPP

Dan ini detail isi acara lamarannya (teks):

UCAPAN SELAMAT DATANG OLEH MC
Keluarga besar bapak (nama ayah CPP) yang kami hormati,

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Pertama-tama, kami ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa pada pagi yang penuh kebahagiaan ini, keluarga besar (nama CPW) menyambut  kehadiran keluarga besar (nama CPP) dengan suka cita. Alhamdulillah kita semua bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat, selamat, tidak kurang suatu apapun. Dengan ini saya persilahkan kepada wakil keluarga besar dari (nama CPW) untuk menanyakan maksud dan tujuan dari kunjungan ini. Waktu dan tempat kami persilahkan.

SAMBUTAN DARI WAKIL KELUARGA CPW
Bapak (nama ayah cpp) dan ibu (nama ibu CPP) beserta keluarga besar yang kami hormati,

Assalamu’alaikum Wr Wb,
Perkenankan saya, (nama wakil keluarga besar CPW) selaku wakil keluarga besar (nama CPW), menghaturkan selamat datang kepada Bapak dan Ibu beserta keluarga besar di tempat yang sederhana ini. Semoga awal silaturahmi ini akan membawa keberkahan bagi kita semua. Kedatangan (nama CPP) beserta keluarga besar di tempat ini merupakan suatu kehormatan bagi seluruh keluarga besar kami.

Apabila ada hal-hal yang ingin di sampaikan, maka kami persilahkan kepada bapak (nama ayah CPP) selaku perwakilan dari keluarga besar dari (nama CPP) untuk menyampaikan kepada kami hal-hal yang menjadi maksud dan tujuan kedatangannya.

WAKIL KELUARGA CPP MENYAMPAIKAN MAKSUD & TUJUAN KEDATANGAN
......................................................................................................................................................................

PENERIMAAN LAMARAN OLEH WAKIL KELUARGA CPW
Perasaan was-was yang semula meliputi hati kami telah terjawab dengan jelas setelah mendengar uraian bapak (nama ayah CPP) selaku perwakilan dari keluarga besar (nama CPP) mengenai maksud dan tujuan kedatangannya. Dengan perasaan berbunga dan penuh kegembiraan kami menyimak kata demi kata yang disampaikan.

Bapak (nama ayah CPP) beserta keluarga besar yang kami hormati, perkenankanlah dalam kesempatan ini saya selaku wakil keluarga besar (nama wakil keluarga CPW) untuk menanyakan sesuatu terlebih dahulu kepada ananda (nama CPP) tentang hal-hal yang mungkin selama ini belum pernah disampaikan kepada kami selaku orang tua dan keluarga besar dari ananda (nama CPW).

Ananda (nama CPP), apakah ananda selama berteman dengan (nama CPW) telah memahami dan mendalami kepribadian dan keadaan (nama CPW), baik kelebihannya maupun kekurangannya? Harapan kami selaku orang tua, jangan sampai di kemudian hari timbul penyesalan bagi ananda dalam menempuh kehidupan berumah tangga dengan (nama CPW) sebagai pendamping Ananda.

Ananda (nama CPP), apakah Ananda betul-betul menyayangi dan mencintai (nama CPW) secara lahir dan batin? Apa yang terlihat saat ini adalah apa adanya (nama CPW), oleh karena itu di kemudian haripun terimalah (nama CPW) apa adanya.

Saya persilahkan ananda (nama CPP) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Silahkan Ananda.

JAWABAN DARI CPP
…………………….................

JAWABAN DARI WAKIL KELUARGA BESAR CPW
Terima kasih Ananda (nama CPP) atas kejujuran dan jawaban Ananda yang telah di sampaikan kepada kami, yang dalam hal ini juga di dengar dan disaksikan oleh kita semua sebagai keluarga besar.

Bapak (nama ayah CPP) beserta keluarga besar yang kami hormati, bulatnya tekad dari (nama CPP) dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kami insya Allah akan menjadi awal keberanian kami untuk menyampaikan maksud dan tujuan ini kepada kedua orang tua (nama CPW), yaitu bapak (nama ayah CPW) & ibu (nama ibu CPW), karena tugas saya dalam kesempatan ini hanyalah sebagai wakil dari keluarga besar (nama CPW).

Mengingat lamaran dari (nama CPP) telah disampaikan oleh bapak (nama ayah CPP)  selaku perwakilan keluarga besar, maka akan sangat terhormat apabila bapak (nama ayah CPW) selaku orang tua (nama CPW) akan menjawab langsung  lamaran tersebut.

SAMBUTAN DARI AYAH CPW
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bapak (nama wakil keluarga besar CPP) & Ibu (nama ibu CPP) beserta keluarga besar yang kami hormati, kami mengucapkan terima kasih atas maksud dan tujuan kehadiran rombongan besar Bapak ke tempat ini dalam rangka menyampaikan lamaran untuk putri pertama saya, (nama CPW). Akan tetapi sebelum kami menjawab lamaran (nama CPP) secara langsung, kiranya jauh lebih bijaksana  apabila kami mohon diberikan kesempatan untuk menanyakan  terlebih dahulu kepada anak kami, (nama CPW).

(CPW dibimbing keluar oleh 2 orang pengapit, lalu berdiri ditempat yang telah ditentukan dan orang tua CPW berdiri berhadapan dengan CPW)

Ananda (nama CPW) yang Papa-Mama sayangi, pada malam hari ini telah hadir Bapak (nama ayah CPP) dan Ibu (nama ibu CPP) beserta keluarga besar untuk mendampingi putranya tersayang (nama CPP). Tujuan kedatangan beliau dan keluarga besarnya selain untuk bersilaturahmi adalah untuk meminang (nama CPW). Selaku orang tua yang memelihara dan membesarkanmu selama ini, papa dan mama menginginkan jawaban yang sejujur-jujurnya dari (nama CPW) atas pertanyaan papa ini:

Bismillahhirrahmannirrahim, ananda (nama CPW) yang papa dan mama sayangi, apakah pertemanan kamu dengan (nama CPP) yang papa mama kenal selama ini benar merupakan hubungan yang sudah kalian putuskan akan berlanjut kehadapan penghulu dengan Ijab & Qobul ? (CPW menjawab).

Dengan jawaban mu itu apakah Dita menerima menerima pinangan (nama CPP), putra dari Bapak (nama ayah CPP) dan Ibu (nama ibu CPP), dimana nantinya Insya Allah (nama CPW) akan dipersunting oleh (nama CPP)?

JAWABAN LAMARAN DARI CPW
…………………….........................................

JAWABAN LAMARAN DARI AYAH CPW
Alhamdulillahi rabbil allamiin ya illahi rabbi. Terima kasih (nama CPW) yang kami sayangi. Dipenuhi rasa haru dan bahagía yang menyelimuti hati kami berdua, Papa dan Mama mengerti serta mendukung keiniginanmu ini. Dengan adanya jawaban yang pasti dan tanpa keraguan dari (nama CPW), maka saya selaku orang tua dari (nama CPW), menyatakan menerima pinangan dari Bapak (nama ayah CPP) untuk anaknya (nama CPP). Semoga hari ini menjadi awal yang baik bagi ikatan silaturahim dan kekerabatan di antara kedua keluarga besar kita.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

(CPW diapit oleh kedua orang tua dibimbing ketempat yang telah disediakan)

PENGUMUMAN TANGGAL PERNIKAHAN OLEH WAKIL KELUARGA BESAR CPW
Dengan berakhirnya acara lamaran ini, kami mengharapkan tali silaturahim yang telah terbina tidak ikut berakhir. Sebaliknya kami mengharapkan bahwa ini merupakan awal bagi hubungan kekerabatan yang lebih kekal lagi.

Insya Allah pernikahan antara (nama CPW) dengan (nama CPP) akan dilangsungkan pada hari (nama hari), (tanggal bulan tahun), yaitu akad nikah pada pagi hari dan resepsi pada siang harinya bertempat di (nama lokasi). Kiranya Allah SWT senantiasa melimpahkan ridha dan rahmatNYA buat kita semua dan semoga dimudahkan pula semua urusan kita.

PERKENALAN KELUARGA DIPANDU OLEH MC
(Dilakukan oleh masing-masing wakil keluarga.)

RAMAH TAMAH
(Sholat dzuhur & makan siang)

DO’A SELAMAT DAN UNGKAPAN RASA SYUKUR

PENUTUP LAMARAN OLEH WAKIL KELUARGA CPW
Bapak (nama ayah CPP) dan Ibu (nama ibu CPW) beserta keluarga besar yang kami hormati, marilah bersama-sama kita lanjutkan pertemuan ini dengan silaturahmi.

Bapak dan ibu beserta keluarga besar, apa yang telah disampaikan oleh (nama CPP) dan jawaban dari (nama CPW) telah lebih mempertegas apa yang anak-anak kita inginkan dalam menempuh kehidupannya.  Kita selaku orang tua hanya dapat mengiringinya dengan do’a semoga niat baik anak-anak kita dan juga kita semua selalu mendapat ridha dan rahmat Allah SWT.

Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan selaku wakil keluarga (nama CPW), dan dalam kesempatan ini pula mohon dimaafkan apabila ada kata-kata maupun sikap yang kurang berkenan dihati Bapak dan Ibu sekalian.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebelum rombongan keluarga besar CPP meninggalkan Rempoa, keluarga besar CPW memberikan sedikit oleh-oleh untuk dibawa pulang keluarga besar CPP.

Mohon dengan sangat agar tidak dilihat dari jumlah ataupun nilainya, melainkan dari ketulusan hati kami untuk memberi.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

That's it. ini hanya bayangan aja sih yaa.. setiap keluarga pasti kan ada culture dan kebiasaan masing - masing. tapi mungkin yang masih bingung seperti apa isi lamarannya dan mau dibikin formal, monggo dicontek susunan acara dan teks lamarannya yaa.. semoga membantu :)

35 comments:

  1. Sangat bermanfaat. Thank you yaahh :)

    ReplyDelete
  2. Blog nya sangat detail dan bermanfaat sekali bagi calon pengantin seperti saya. Terima kasih Mbak Dita, barakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo sally.. alhamdulillah, semoga membantu yaa :)

      Delete
  3. Alhamdulillah detail sekali sgt terbantu terima kasih ya :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, sangat bermanfaat.
    bagaimana dengan pemasangan simbol (cincin)
    apakah di atas memang tdk disertakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo mwmbawa manfaat :)

      oh iya, pemasangan cincin di jam 12.20 setelah Jawaban lamaran dari ayah CPW kepada CPP & keluarga besar. terima kasih sudah diingatkan, langsung ditambahkan di atas :)

      Delete
  5. Ka Dita , mohon info klo teks CPP nya bisa dishare juga kah kaa?
    ada teks nya juga ga yaa?
    tolong info ya ka, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo agnes.. untuk teks CPP sengaja ngga dibuat / ditulis, karena emang maunya niat si calon suami bener2 diucapin dari hati & pikiran dia, bukan sekedar baca :)

      Delete
  6. Thank you so much!! membantu bgt blog nya

    ReplyDelete
  7. terimakasih untuk sharingnya.. sangat membantu. kebetulan ada teman yang have no idea gimana acara lamaran itu sebetulnya.

    ReplyDelete
  8. Hai dita, terima kasih blognya sangat membantu banget!

    Dan aku ada pertanyaan, pada saat perkenalan keluarga dr masing-masing keluarga apakah kamu punya teksnya? Atau memang nanti mc membimbing para wakil keluarga atau memang setiap wakil keluarga punya teksnya? Cause I have no idea. Please help me karna kakakku sebentar lagi mau lamaran dan dia minta tolong utk buatin teksnya. Thank you sebelumnya, please bls asap :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Marsha, so sorry reply nya telat banget. pasti udah selesai ya acaranya? (yaiyalah. hehe..) 12 Oktober aku sedang berjuang di ruang persalinan dan bolos ngeblog selama cuti di rumah karena sibuk sama baby. sorry once again yaa..

      Anyway, semoga acara kakak-nya sudah berjalan dengan lancar :)

      Delete
  9. Replies
    1. Sekarang sudah bisa. silahkan dicoba lagi :)

      Delete
  10. Hai mba, salam kenal, terima kasih infonya sangat membantu, kalau boleh tanya, kapan hantaran dr CPP diberikan dan disebut apa oleh mc? Atau langsung diberikan begitu saja tanpa dipersilakan mc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nurhasanah, salam kenal juga :) hantaran dari CPP dibawa sama angggota keluarganya. kalo si akang totalnya bawa 5 box, dibawa sama 5 orang, dan diberikan ke keluargaku (yang nerima 5 orang juga) pada saat datang pertama kali (sebelum duduk). Jadi kalo di acaraku ngga pake ada aba2 dari MC.

      Delete
  11. Sangat membantu, terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  12. terimakasih banyak membantu...kakak sy mo lamaran tgl 17 september nti.

    ReplyDelete
  13. Makasih yaah, ini sangat bermanfaat. Saya akan lamaran sabtu ini tgl 22 okt 16. Ini sebagai acuan saya. Trmksh banyak dita :)

    ReplyDelete
  14. Kak dita.. Blog nya ngebantu bgt.. Makasih kak.. Semoga pahala nya mengalir ke kaka karena sudah share hal bermanfaat. Kak aku mau tanya untuk jawaban2 dari wakil keluarga CPW itu di kasih teks atau spontan aja kak? Soalnya kan panjang2 kak.. Tolong di balas ya kak. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo putri. Alhamdulillah kalo bisa terbantu dari blog ini :) untuk text dialog pada saat lamaran sesuai yang ada di atas itu aja. Selebihnya spontan aja, nyesuain sama situasi kondisi acara lamaran saat itu :D

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Sangat membantu infonya mba, terima kasih sudah mau berbagi :)

    ReplyDelete
  17. Makasi banyak mb ditambah sharing infonya.. Bantu banget, apalagi saya kena todong jd MC buat lamaran adik ipa r minggu besok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali :) wah, semoga bermanfaat ya. Selamat jadi MC, hehe :D

      Delete
  18. wuih muantab .... sangat bermanfaat, yang jelas sangat membantu banyak orang, terima kasih

    ReplyDelete
  19. Nyesel baru buka sekarang. Besok udh acaranya.. 😣

    ReplyDelete
  20. makasih banget halaman blog ini sangat membantu lamaran teman saya di masa pandemi ini mbak.

    ReplyDelete

Leave your comment here ;)