.

.

Wednesday, June 18, 2014

My Wedding Review: Susunan Panitia

Oke.. setelah sekian lama blog ini bersarang laba - laba dikarenakan kesibukan gw di kantor yang makin menjadi, akhirnya pagi ini gw memutuskan untuk rehat sejenak dan mengupdate kembali blog saya yang kesepian ini.. *pukul bedug*

Now I'm going to share susunan panitia ala - ala gw dan si akang. ini pure dari isi kepala kita berdua, asal mikir aja apa yaa kira - kira yang diperluin. jadi maapkeun ya kalo banyak kekurangan. ngga istimewa banget sih susunan panitianya, karena emang bukan untuk dipekerjakan di gedung sekelas balai sudirman atau balai kartini kaann.. hakhakhak.. finally, jadilah susunan panitia di bawah ini yang terdiri dari 10 orang sahabat gw dan si akang (seriously no family at all):

Ketua Panitia
- Bertanggung jawab atas seluruh tugas anggotanya
- Decision maker
- Problem solving
- Terjun langsung membantu anggota dalam melaksanakan jobdesknya (apabila diperlukan)

Bendaraha
- Bertanggung jawab terhadap petty cash & nota pembelian (jika ada pembelian)

AKAD NIKAH

PIC Penghulu
-Konfirmasi ke penghulu H-2 untuk mengingatkan kembali
- Penjemputan penghulu jam 07.00 di KUA pada hari H (standby 1 mobil)
- Memastikan pembayaran penghulu terlaksana
- Mengantar pulang penghulu (jika kemungkinan naik taksi, carikan taksi)
- Memberikan kotak makanan ke penghulu

PIC Perias & Penerima Tamu
- Make sure seluruh panitia sudah memakai seragam & corsage (pria: beskap (4 orang), wanita (6 orang): kain, rias dan hairdo dari sanggar rias + chiffon kutu baru masing - masing)
- Make sure para panitia wanita sudah selesai dirias semua sebelum jam 7
- Make sure seluruh penerima tamu sudah berada di gedung pada pukul 7.30 pagi
- Make sure seluruh penerima tamu dirias, hairdo & mendapatkan seragam (dari sanggar rias: kebaya + kain)
- Make sure team sanggar rias, & penerima tamu mendapatkan sarapan & nasi kotak sebelum resepsi
- Check list siapa yang sudah / belum dirias, & check list rias yang extra charge / tidak
- Make sure perias bawa bunga melati & nampan kecil, lalu serahkan ke PIC perlengkapan
- Mengatur penempatan barang di ruang rias

PIC Perlengkapan
- Koordinasi dengan pengurus mesjid untuk kesiapan perlengkapan akad nikah
- Cek ac sudah menyala semua
- Cek sound system & mic sudah ready (3 pcs: 1 pada mc, 2 pada meja ijab kabul)
- Meja pelaksanaan ijab kabul (kelengkapan: meja, 2 ballpoint, bantal duduk 6 pcs, selendang putih, teks izin CPW, teks ijab kabul
- Nampan kecil, taplak kecil, bunga melati untuk pengalungan CPP (konfirmasi ke perias)
- Kesiapan janur kuning & name tag pengantin sudah terpasang jelas di gerbang masuk mobil (2 pcs)

PIC Transportasi
- Menyiapkan list penumpang permobil untuk keberangkatan keluarga daus dari guest house pamulang
- Menyiapkan mobil untuk keluar jika diperlukan (standby 1 mobil)
- Mengantar jemput para penerima tamu di Cilandak & membeli KFC breakfast
- Menyimpan seserahan dan mahar begitu serah terima dilaksanakan oleh kedua keluarga
- Standby 2 mobil untuk perjalanan gedung - masjid - gedung untuk para sesepuh

PIC Catering & Konsumsi
- Make sure ada 100 porsi soto ayam dari amira catering untuk menu akad
- Make sure ada 4 tampah jajanan pasar dari amira catering untuk menu akad
- Make sure makanan jangan dikeluarkan jika acara akad nikah belum selesai (makanan keluar ± jam 9)
- Siapkan roti dan aqua gelas (dalam kotak) untuk sarapan panitia & vendor
- Siapkan burger & kentang kfc breakfast untuk panitia & penerima tamu

PIC Dokumentasi
- Make sure team dokumentasi mengambil gambar & video pada saat pengantin bersiap2 / berias
- Make sure team dokumentasi standby di mesjid As-Salam selama akad nikah berlangsung (proses pengalungan, proses penyerahan seserahan, foto seserahan sebelum disimpan di mobil)
- Kasih 1 undangan ke team dokumentasi untuk detail nama pengantin & keluarga

PIC Acara
- Memastikan kehadiran dan kesiapan para pengisi acara pada akad nikah: MC, 2 saksi akad nikah, qori, sari tilawah, 2 pendamping CPW
- Kasih 1 undangan ke MC untuk detail nama pengantin & keluarga
- Memastikan keluarga CPW  sudah berkumpul di masjid As-Salam sebelum keluarga CPP tiba pada pukul 07.30

RESEPSI

PIC Perias & Penerima Tamu
Make sure para penerima tamu sudah dirias dan standby di meja tamu jam 10.30
Make sure souvenir & kupon souvenir sudah ready di area penerima tamu
Check list pengembalian baju sewa (hanya untuk back up data sanggar rias)

PIC Perlengkapan
- Cek dekorasi resepsi sudah lengkap (6 pagi): pelaminan, buffet, 7 gubukan, pergola pintu masuk, kanopi pintu masuk, 2 kotak angpau, 2 meja penerima tamu, 2 buku tamu, 4 spidol, taplak meja, 3 meja di ruang VIP beserta 4 kursi (di masing2 meja), pergola di VIP, kursi2 tamu
- Koordinasi dengan pihak gedung
- Cek kesiapan ruangan: lampu, ac, sound system, mic, genset, lagu (flashdisc / cd)

PIC Konsumsi
- Cek kesiapan & jumlah piring, gelas, sendok, garpu pada saat unloading dari mobil box
- Cek kesiapan name tag gubukan (name tag jangan tulisan tangan)
- Cek kesiapan api / penghangat makanan selalu nyala
- Cek masuknya porsi gubukan
- Cek kesigapan pengangkatan piring kotor
- Memastikan ketersediaan piring buffet & air putih tercukupi sampai akhir acara (kalau piring habis, minta catering untuk cuci piring atau minta tambahan jumlah piring)
- Pastikan ada 50 porsi menu gubukan di VIP
- Mengatur makanan sisa (plastik bening untuk membungkus makanan sisa ada dari catering)

PIC Dokumentasi
- Pegang list daftar yang akan berfoto bersama pengantin
- Kasih undangan 1 untuk vendor foto untuk detail nama pengantin & orang tua

PIC Pengisi Acara
- Memastikan kehadiran dan kesiapan para pengisi acara resepsi: MC, ponggawa (payung), aki & nini, pemberi kata sambutan, pembaca doa
- Kasih 1 undangan ke MC untuk detail nama pengantin & keluarga
- Check list daftar urutan foto bersama pengantin
- topper pelaminan pada saat proses salaman (keep list tamu VIP & koordinasi dengan penerima tamu yang masuk mendampingi tamu VIP agar didahulukan untuk bersalaman & langsung berfoto dengan kedua mempelai)

PIC Keamanan
- Tanggung jawab kotak angpau & penyimpanan angpau &kado pada saat selesai acara
- Checking keamanan ruang rias (banyak barang2 disimpan)

Well, itu aja sih more or less yang dikerjakan para panitia dari sahabat - sahabat gw dan si akang pada hari H. kita meeting cuma 2x, dan itu juga ngga semua dateng. tapi alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. semua gesit & sigap. dengan bermodalkan sewa HT 10 pcs, banyak tamu yang ngira gw sama akang pake WO. hahahaahh.. ngga loh! suwerrr.. they are our best friends who were willing to help without being paid :)

ki-ka: gungde, dimas, sally, windi, ika, nina, maira, gita, satrya, reza. thanks a bunch guys :')

10 comments:

  1. Mbak Dita,

    boleh dishare ke aku untuk sewa HT-nya dmn?
    pls info ke niken_anty@yahoo.com yaa

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo niken.. sebelumnya maaf yaa, waktu itu suamiku yang urus, terus aku tanya suamiku katanya nomernya ada di hp yang lama dan udah rusak :(((( maaf yaa ngga bisa membantu. tapi kamu googling aja, in shaa Allah nemuuu :*

      Delete
  2. Salam kenal mba dita..
    Blognya membantu sekali..
    boleh dishare untuk sewa HT-nya dmn?
    Ke kiki_oopsie@yahoo.com makasi ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kikii.. sama seperti jawaban ke niken, nomer contact person HT nya ada di hp suamiku, dan hpnya udah rusak. hiks.. maaf yaah.. coba googling aja, waktu itu suamiku juga googling soalnya.. semoga dapet harga terbaik yaa :*

      Delete
  3. Salam kenal mba dita, bermanfaat bgt, tdnya bingung panitia pernikahan itu ngapain aj..... >_< gara2 blog ini jg aku jd pengen pake amira catering jg.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga nur hanisah :) alhamdulillah kalau bisa bermanfaat. semangat persiapannya yaa ^_^

      Delete
  4. mba ditaaa izin copy susunan panitianya yaa..
    habisnya lengkap bgd job desknya..
    kereen mbaaa....
    ^_^

    ReplyDelete

Leave your comment here ;)