.

.

Wednesday, August 26, 2015

Keputihan saat hamil

4 bulan bolos nulis di blog, then here I am. ampun deh.. emang susah ya untuk rutin nulis di blog sendiri. sebenernya banyak banget yang mau diceritain, tapi apa daya.. aku hanyalah wanita biasa yang masih ngantor, pulang kantor harus urus rumah & suami, ditambah perut semakin buncit jadi males gerak even cuma ngetik :p

Pagi ini merasa sangat rindu untuk sharing disini.. cerita apa dulu ya? oh yes, currently  I am 32 weeks pregnant. alhamdulillah sejauh ini masih sehat, tanpa halangan yang berarti. keluhan2 sih pasti ada tiap bulannya. mulai dari keputihan, sakit pinggang, pegel punggung, semakin susah cari posisi untuk tidur, kulit gatel2, sesek nafas, dll dll. tapi itu semua terlupakan dikala si anak cimit gerak2 di perut. semakin besar dia, semakin kerasa gerakannya. even disaat dia hanya ngulet *emaknya sotoy. tapi iya sih, karena kan badan gue kecil, dan kulit perut gue rasanya tipis. jadi ya emang berasa banget gerakan si bayi aktif ini. bahkan sejak UK 16 weeks.

talking about 16 weeks, mual pusing udah sirna. tapi di UK itu lah dimana derita keputihan gue dimulai. awalnya sedikit, lama2 banyak & mulai gatal. akhirnya pada saat kontrol gue ngadu ke dokter Mery, dan dia resepin Canesten SD sebanyak 2 tablet untuk dimasukin ke bawah sana. awalnya udah agak males sih ya ngebayangin ada obat2 yang dimasukin ke situ. tapi ya mau ngga mau, demi anak bayi kesayangan, karena kalo didiemin, lama kelamaan keputihan ini bisa menyebabkan infeksi pada janin bahkan kelahiran prematur (pecah ketuban). huu.. amit2 lah ya :(

aturan pakenya hanya sehari sekali, menjelang tidur. ya, jadi kalo mau pake obat ini sebaiknya udah ngga ada aktifitas lagi supaya obatnya ngga keluar lagi & bisa bekerja maksimal. tapi setelah gue buka kemasannya, gue lemes. kenapa? karena tekstur obatnya out of my expectatation. gue mikirnya obat itu berbentuk peluru & teksturnya licin (ada selaput licinnya jadi gampang masukinnya). tapi ternyata.. ya kayak obat. tekstur panadol tau? ya gitu. tapi versi lebih besar. dengan susah payah akhirnya berhasil pake obat itu 2 hari berturut2 dan akhirnya keputihan gue pun sembuh. ini dia penampakan obatnya:


Etapi, senannya cuma sebentar. karena 3 minggu kemudian, keputihannya dateng lagi. dan akhirnya pas next kontrol (20 weeks) ke dokter Mery, diresepin Canesten lagi tapi kali ini hanya 1 aja. *fyuh! dan hari itu gue disuruh cek urin untuk mastiin apakah ada infeksi apa ngga. setelah keluar hasilnya, bener aja ternyata memang udah infeksi. gue harus bisa lebih jaga kelembaban area bawah sana, dan sering2 ganti panty. tapi disaat bersamaan dokter Mery juga bilang kalo keputihan itu memang wajar dialami sama ibu hamil, karena faktor hormon. jaid memang ngga akan akan bisa sembuh sih kalo kondisi badannya mendukung hormon untuk memicu keputihan.

Sampe gue baca2 di forum ibu hamil, gimana caranya supaya keputihan ini bisa berkurang. katanya sih dengan konsumsi yoghurt bisa membantu, termasuk minum yakult. gue sempet menerapkan minum yakult tapi cuma seminggu. entah mindset atau gimana, gue merasa minum yakult ngga ngaruh (yaiyalah cuma minum seminggu -__-). atau memang tubuh gue dari sananya hobby keputihan. zZzz..

Seperti biasa, setelah pake Canesten keputihannya berenti. lumayan lama nih kali ini berentinya. masuk 24 weeks pas kontrol sama dokter Mery, ada keputihan tapi masih batas wajar bagi gue karena ngga begitu banyak dan ngga ganggu. tapii pas masuk 28 weeks, mulai lagi deh tu keputihan. pas masuk 28 weeks ini gue kontrol ke dokter Kartika. kenapa kok ganti2 dokter? nanti yaa cerita more detail di postingan yang lain. keputihan kali ini dikasih obat dari bawah juga, namanya Fladystin. haahh.. kayak terlalu lelah gue sama obat2 yang dimasukin dari bawah ini.. terutama gara2 Canesten sih, yang teksturnya bikin susah banget untuk masuk. tapi ternyata Fladystin ini justru sesuai sama ekspektasi gue di awal. obatnya bentuk peluru (agak runcing ujungnya, & licin / berselaput). yaa jadinya dikasih 5 hari berturut2 pun ngga masalaah :D


Dan lagi2, setelah 5 hari pemakaian ya hilang lah si keputihan itu. tapi lagi2 dan lagi2, masuk 32 weeks keputihan pelan2 datang lagi. aaahhh lelah sekali :'( sebenernya lebih ke worry ke kandungan gue sih. tapi alhamdulillah setiap USG ngga pernah keliatan masalah serius. akhirnya lagi2 gue diresepin Fladystin sama dokter Kartika, beliau bilang boleh 3 - 5 pcs. tadinya gue cuma mau 3, tapi berhubung akang suami yang beli ke klinik dan gue hanya menanti di rumah, dia beli 4. angka tengah2 katanya -__- emang suami saya ini suka apalah2..

Kali ini gue makenya 1 aja. setelah make 1 keputihannya ilang, gue ngga pake lagi. jadi sekarang gue masih punya 3, untuk persiapan kalo2 nanti ada keputihan ganggu lagi. untuk Canesten & Fladystin cara penyimpanannya sama2 harus di kulkas. tapi untuk harga, wow banget jauhnya. waktu di Eka Hospital BSD gue diresepin Canesten yang harga 1 butirnya adalah 150 ribu. sedangkan Fladystin ini 1 butirnya 20 ribu '__'

Yah, itulah kisah yang sedang gue alami saat ini disamping sesek nafas, eungap & susah tidur. tapi  back again, kalo inget sebentar lagi (in shaa Allah) gue akan ketemu sama anak bayi, rasanya perjuangan ini ngga akan sia2. doakan saya, bayi dan suami sehat selaluuu ^_^

17 comments:

  1. haiiii sis.. mau tanya apakah keputihannya dulu sampai persalinan masih ada? dan kalau boleh tau keputihannya warna apa yaa? aku sempet cek lab dan hasilnya infeksi jamur candida albicans.. dlu dkasih obgyn fladystin 5 hari, ga sembuh. dikasih spkk fladystin 10 hari ga sembuh juga. sampe bingung sempet nyerah mao pake apa lagi.. >.< aku tanya dokter lain, katanya pake canesten sd aja.. ada juga yang pake neo gynoxa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba stella. Waktu menjelang lahiran, saya udah ngga keputihan mba. Lupa sih tepatnya kapan bener2 hilangnya keputihan itu. Seingat saya sih terakhir yang suami saya beliin fladystin 4 butir itu udah ngga beli2 lagi karena udah ngga keganggu sama keputihan.

      Waktu itu keputihan saya warna putih kekuningan mba, waktu yang awal sampe hampir hijau warnanya. Gatel banget. Makanya sampe ke dokter.

      Mba stella sekarang berapa weeks? Coba dibantu dengan konsumsi yoghurt / yakult aja mba. Tapi konsultasi lebih lanjut lagi dulu ya sama dsa nya, soalnya saya ngga tau mba ada masalah lambung atau ngga :)

      Sehat selalu ya mba. Semoga lancar dan selamat sampai persalinan nanti :)

      Delete
  2. haiii mba dita, aku sekarang 31 weeks.. udah selalu mnum yogurt sm yakult tiap hari, tapi itu keputihan ga ilang2. keputihanku juga kuning gtu mba, 2 hari yang lalu saya pake canesten sd akhirnya, trus 2 hari berturut2 kayak kluar gumpalan2 putih gtu.. mungkin itu obat + jamurnya kali yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, gumpalan putih itu obatnya yang bawa jamur2nya. Setelah itu enakan banget sih mba ngga keputihan lagi. Cuma kalo di saya, seminggu atau 2 minggu kemudian (lupa) dateng lagi keputihannya. Aku juga pas usia kandungan segitu pas keputihan parah2nya. Canesten emang ampuh ya mba, cuma harganya lumayan :D sama saya ngga sula teksturnya susah dimasukin -_-

      Delete
  3. Mba mau tanya, saya lg hamil 28 minggu jg diresepin fladystin sm dokter kandungan saya, 2 kali pemakaian sudah ga terasa mengganggu lagi keputihan gatal nya, apa pemakaian fladystin tetap dilanjutkan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba. Kalo keputihannya udah ngga mengganggu di-stop aja fladystinnya mba, karena kan itu fungsinya untuk membasmi bakteri yang menggangu :)

      Delete
  4. Mba gimana cara pakai fladystin?. Saya pakai itu tapi ngga ngerti cara pakai nya.

    ReplyDelete
  5. Aku di resepin fladystin 6hari. Hari ini sudah ke 4hr pemakaian.
    Tiap pagi mau buang air kecil, selalu keluar gumpalan kayak kapas basah gitu. Kadang warna putih, kadang warna ke pink2an.
    Apa kalian yg pake fladystin juga begitu?
    Thank you

    ReplyDelete
  6. Kputihan ku wrn kuning keijoan. Cair tp kdg di barengin sm gumpalan dikit. Ga bau dan ga gatel. Pas pk fladsystin. Ya Allah sakit nya bukan main. Rasanya panas dan sakitttt selama 12mnt. Kaya v aku di masukin cabeee.. Untuk hasilna blom tau. Krn ini sy post br aja pakai, sambil nahan sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mo update lgi . pas ke esokannya. Kputihannya ky tisu di ks air. Teksturnya juga ky tisu. Apann itu ya

      Delete
  7. Habis pakai obat ini, apa mbak pernah ada noda darah pink dan ngeflek?

    Saya minggu lalu dikasih obat gini juga, dipakai 3 hari, Kamis - Jumat - Sabtu. Nah keputihannya berhenti, gak gatal2 lagi.

    Tapi kok pas seminggu kemudian, hari Kamis ini, semalam ada darah pink di celana saya meski cuma sedikit alias spotting, lalu paginya flek cokelat. Apa ada hubungannya dengan pemakakan obat itu, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba eka skrg gmna kondisinya? Sy juga gitu. 2 hari yg lalu mulai pakai onat yg dimasukin ke vagina. Yg neo gynoxi. Paginya habis pipis ada darah merah segar. Sy bedrest seharian. Berkurang tapi masih ada flek titik2 merah sedikit. Trus hari ini ngefleknya tmbah bnyak. Merah kecoklatan. Skrg nunggu dokter mau kontrol
      Mba Eka gmna kondisinya skrg? Trus apa aja yg dilakuin kemarin? Sy kepikiran terus 2 hari ini. Usia kehamilan 8w sekarang

      Delete
    2. Mbak rara gimana keadaan kehamilannya? Saya juga pakai obat yg dimasukin divagina malamnya, paginya keluarlah flek warna coklat 🙈🙈 worry banget mbak padahal usia kehamilanku 7week

      Delete
  8. Griya Bayar Ppob BTN Resmi Fee Tertinggi 2019>>>> http://www.griyabayar-id.com/

    ReplyDelete
  9. Halo kak, Saya hamil 6bln. Hari selasa juga keluar gumpalan putih kekuningan..terus Hari ini juga malah gumpalan putih kehijauan. Baru malam ini saya pakai neo gynoxa.. padahal biasanya keputihan normal seperti keputihan umumnya.. tinggal nunggu 5hari kedepan semoga sembuh

    ReplyDelete
  10. Haalloo kak saya juga mengalami keputihan usia kandunganku skrg 34 weeks saya mencoba pakai obat flagystatin yg di masukkan lewat vagina,,setelah saya masukkan kemudian beberapa menit kemudian keluar seperti cairan berwarna kuning apakah itu obatnya atau bakterinya ya kak??

    ReplyDelete
  11. hallo ka, gimana keputihannya? saya lagi hamil 21w dan saya lagi mengalami nih,udah abis fladystin 14 butir, udah cuci vagina ampe 3 kali dan minum metronidazole tetep aja masih, ini di sarankan cuci vagina 1 minggu sekali tapi worry kalo sering sering cuci vagina. ada saran lain kah ka? terima kasih

    ReplyDelete

Leave your comment here ;)