.

.

Tuesday, February 2, 2016

I am (officially) a mother and its wonderfully happened :) - part 2

okay. ini lanjutan dari postingan gue yang ini.

12 oktober 2015, perjalanan dari rumah ke eka hospital cuma 15 menit. ya, untung itu subuh, jadi jalanan lancar (yaiyalah). cuma memang agak melambat setiap polisi tidur karena kalo si akang ngga super pelan2, gue ngerasa kesakitan banget. sakitnya itu, kayak haid hari pertama yang nusuk2 di perut bawah terus pegel sampe pinggang belakang dikali 100. lebay? ya emang gitu kalo yang gue rasain. sampe kayak lamaaa banget rasanya di jalan, padahal cuma 15 menit. semua posisi duduk udah ngga enak. setiap kontraksinya dateng, si akang gue suruh berenti. akakak! cian dia jadi panik :* terus ya, gue sampe mikir berulang2 dalem hati; "ya Allah, ini baru bukaan awal dan gue masih harus nunggu lama lagi untuk nunggu bukaan full. apa gue sanggup untuk nunggu dan melahirkan normal?"

sampe di eka hospital sekitar jam 5 lewat 10 dan langsung ke IGD. pas buka pintu mobil, perawatnya nanya "masih bisa jalan ngga?" dan gue cuma geleng kepala. seriusss kontraksinya semakin sering dan kerasa banget ada dorongan ke bawah. dari mobil gue turun sambil gemeter dan naik ke kursi roda. dibawalah gue masuk ke ruang IGD sama perawatnya sementara si akang sibuk kasih surat pengantar, parkir mobil, bawa turun tas gue, dll. di IGD gue cuma di tensi dan ditanya sejak jam berapa kontraksinya, setelah itu perawat IGD langsung telfon ke bagian kebidanan dan gue langsung dibawa ke ruang bersalin di lantai 5. ruang IGD itu dingin banget, dan entah cuma perasaan gue atau emang guenya lagi kesakitan banget, sepanjang perjalanan ke lantai 5 sampe di ruang bersalin-pun gue merasa sangat kedinginan. sampe akhirnya gue minta ac di ruangan bersalin dimatiin.

sampe ruang bersalin gue disuruh langsung ganti baju. disitu gue merasa sangat tidak sanggup untuk berdiri lagi, akhirnya si akang bantuin gue untuk ganti baju di kamar mandi. ngelepas baju aja lama bener bookk! setiap kontraksi gue pegangan ke tembok dan menghentikan segala kegiatan yang sedang gue lakukan. begitu terus berulang2 sampe susternya nanya udah selesai apa belom ganti bajunya. ekekek.

jam setengah 6 kurang, gue udah berbaring lagi dan susternya bilang mau cek dalem untuk tau udah bukaan berapa. mak, rasanya lagi mules kesakitan sampe menggigil terus dicek dalem itu rasanya kayak ketabok bola bowling di jidat. dan semakin lemes ketika susternya bilang "oohh iya ni udah bukaan 7" and I was like "haahh??" *pingsan* *ngga deng*

jam setengah 6, bukaan 7. mulai merasa mules 4 jam sebelumnya. cepet banget ya, mengingat pas mulai merasa mules gue super santai tanpa panik sama sekali sampe akhirnya super lemes pas perjalanan ke rumah sakit. untuk ngga lahiran di jalan -__- mulai jam setengah 6 itu gue udah miring kiri, miring kanan, berusaha tarik nafas dan buang nafas yang teratur supaya ngga kecapean sebelum ngeden, dan yang pasti ngga mau banget diajak ngomong. akang ngajak ngobrol gue marahin :)))) gue tanya susternya dokter mery udah dikasih tau belum, katanya udah dan akan segera datang. hah! segera secepet apapun bagi gue saat itu ngga ada cepet2nya. dan gue terus2an nanya dokter mery mana sampe akhirnya jam 6 beliau datang dan gue mulai nangis bilang sakit ngga kuat lagi mau ngeden.

jam 6, badan gue mulai gemeter hebat. ac udah mati padahal tapi gue merasa sangat menggigil. gue pegangan kenceng banget di gagang tempat tidur itu loh, karena dorongan si anak bayi di setiap kontraksi kuat banget ya Allah. tapi pada saat itu gue masih bukaan 9 dan kata suster masih belum boleh ngeden karena kasian nanti kepalanya kejepit. gue mulai nangiiis.. gue nangis2 ke dokternya bilang "dok ngga kuat saya mau ngeden rasanyaaa ini anak bayi ngedorongnya kuat bangettt" dan akang dengan setianya tanpa bicara sepatah katapun karena tadi abis gue marahin karena ngajak ngomong terus ada di samping gue. dan lagi2, sempet gue suruh keluar! hahaha mungkin berbi lelah -__- nape juga laki gue malah gue suruh keluar ye.

jam setengah 7, dokter mery cek dalem lagi dan masih bukaan 9. ya Allah itu rasanya waktu pelaaan banget. sampe akhirnya gue telentang dan dokter mery ngijinin gue untuk ngeden kalo kontraksi. wah! semangat gue karena pingin cepet2 ngeluarin si anak bayi. kontraksi pertama, gue keburu semangat ngeden sampe akhirnya lupa ambil nafas dulu. zzz. yang hasilnya zonk. dokter mery ngingetin gue untuk nafas dulu sebelum ngeden. oke. kontraksi kedua, gue tarik nafas dan ngeden sekuat tenaga dengan dipandu hitungan 1-10 sama dokter mery dan suster2 yang menyemangati. tenaga gue abis dan gue berenti ngeden, lalu suster cepet2 bilang "bu itu kontraksinya masih ada" langsung lah gue ngeden lagi. sampe kemudian "splash!" (wailah apaan splash). maksudnya air ketuban berhamburan -__-

dan untuk pertama kalinya gue melihat wujud asli mahluk kecil yang selama kurang lebih 9 bulan hidup di dalam perut gue. dia nangis, kenceng banget :') welcome to live this world with me, my other half <3

Baby D, 3.6 kilos / 53 cm.

rasa lega yang gue rasain pertama kali adalah bisa denger anak gue nangis, dan lega juga karena rasa mules yang beberapa jam super sakit itu udah ilang. sambil coba mengatur nafas, gue menikmati suara tangisan anak bayi yang sangat gue tunggu2. aahh bahagia sekaliii <3

ngga lama setelah gue selesai dijait, suster taro baby D di dada gue untuk proses IMD. untuk pertama kalinya gue peluk bayi yang selama ini ada di dalem perut tanpa gue tau seperti apa wujudnya. rasanya ngga bisa dijelasin dengan kata2. sampe ngga kerasa 2 jam kita pelukan sambil dia berusaha cari sumber asi-nya. tapi akhirnya ngga ketemu2 sih entah kenapa dia lebih banyak kuclak kucluk kiri kanan sampe akhirnya cape dan tidur di dada gue. aahh pingin ulang lagi rasanya. tapi bagian mules & dijaitnya jangan :p

Oh iya, di tengah2 rasa bahagia gue, ada 1 hal yang mengejutkan, yaitu saat Dsa nya bilang bahwa berat si anak bayi 3,6. whoaa! kalo sebelumnya sempet kontrol dulu ke dokter mery dan tau bahwa berat terakhir baby D 3,6.... gue rasa gue bakalan langsung minta sectio. haha! tapi after all, alhamdulillah, Allah SWT begitu baik. proses pembukaan cepat, proses persalinan lancar, dan yang terpenting gue dan baby D sehat sempurna tanpa kurang suatu apapun. ALHAMDULILLAH :')

No comments:

Post a Comment

Leave your comment here ;)